Senin, 27 September 2010

Afkarul Huda IPS2

Berlomba-lomba Dalam Kebaikan


Anugerah kehidupan yang kita dapatkan bukanlah merupakan sebuah perkara yang kecil. Dapat kembali terjaga dipagi hari yang cerah adalah sebuah hadiah kesempatan bagi kita untuk kembali memperbaharui keimanan dan ikrar untuk senantiasa melangkah dalam taat kepada Allah SWT, bersama rasa syukur dalam wujud amal perbuatan baik. Waktu-waktu yang terbentang menjadi sarana yang menghantarkan diri kita dalam menggapai rahmat dan keridhoan-Nya.

Sebanyak waktu yang ada, tidak semuanya kita dapatkan dalam kesibukan. Dalam keadaan tertentu, selalu akan kita jumpai adanya waktu luang. Beruntung sekiranya kita mampu memanfaatkannya dalam hal-hal yang bermanfaat bagi pribadi dan orang banyak. Namun tidak dapat dipungkiri, terkadang kita kehilangan inisiatif ketika dihadapkan dengan banyak waktu luang. Kita senantiasa terjebak oleh rutinitas.


Saat waktu luang menghampiri, kita hanya dapat memilih melamun atau melakukan banyak hal tak berguna dan lupa atau bahkan tidak tertarik untuk memantik api kreatifitas. Jadilah kebanyakan dari kita merupakan sosok manusia text book, yang hanya bergerak, bekerja serta menggeliat jika ada perintah tertulis saja. Diluar konteks itu, kita kehilangan daya kreasi, inisiatif, dan yang utama adalah kehilangan semangat untuk saling berlomba berbuat dan mengejar kebaikan serta perbaikan.


Kepuasan diri dan merasa cukup terhadap apa yang sudah kita miliki, terutama dalam hal masalah kepahaman ber-islam telah mengepung kita sehingga tidak mampu mendorong kita untuk terus menambah dan menambah perbendaharaan kemampuan diri. Tidak inginkah diri kita menjadi bagian dari orang-orang yang dapat memberikan manfaat bagi orang banyak? Menjadi pribadi dengan orientasi hidup yang luas dan lentur? Hidup dengan orientasi memberikan manfaat dan bukan semata-mata hanya mengambil manfaat seperti benalu.

Menjadi pribadi yang dapat diandalkan saat kondisi dan situasi apapun dikarenakan memiliki banyak kemampuan. Melangkah dengan pandangan jauh ke depan diiringi semangat membara untuk sebuah tujuan dan cita-cita mulia menggapai syurga-Nya nan indah. Adalah sebuah anjuran untuk selalu memandang keatas dalam perkara akhirat, sehingga kita senantiasa terdorong untuk selau melakukan perbaikan ilmu dan amal untuk bekal kehidupan setelah mati, dan mampu memandang kebawah dalam hal dan perkara dunia, sehingga kita mampu bersyukur terhadap segala nikmat yang kita terima.


Evaluasi diri sudah seharusnya kita lakukan untuk hal-hal yang sebetulnya butuh perbaikan dan peningkatan. Sudah saatnya bagi kita untuk tidak lagi memanjakan lahiriah kita, dengan memberikan kepuasan tanpa batas terhadap hawa nafsu, membiarkan indera mata dengan tontonan yang tidak mendidik, telinga dan mulut dari mendengarkan dan berkata sia-sia dan segala hal yang lebih banyak melalaikan kita dalam usaha memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia.


Perintah Menyantuni Kaum Dhuafa

Dalam surah Al-Isra’ Ayat 26-27



Artinya :



26. Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.



27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.



Kandungan Surah Al-Isra’ Ayat 26-27 :



· Allah Swt memerintahkan seorang muslim memberikan hak kepada keluarga, orang miskin, dan orang yang sedang perjalanan.

· Hak yang harus dilakukan seorang muslim terhadap keluarga dekat, orang

· miskin, dan orang yang sedang dalam perjalanan adalah mempererat tali

· persaudaraan dan hubungan kasih saying, serta membantu meringankan beban penderitaan yang mereka alami.

· Hak keluarga dekat misalnya memperoleh penghormatan, kasih sayang, mengunjungi apabila tertimpa musibah, dan ikut gembira ketika memperoleh nikmat.

· Hak fakir miskin, misalnya memperoleh sedekah, disayangi, dikasihani, dan membantu meringankan beban penderitaannya.

· Hak ibnu sabil/orang yang dalam perjalanan dengan tujuan baik adalah memberikan bantuan dan pertolongan agar tujuan mereka tercapai.



Arti Dari Menyantuni Kaum Duafa



Beserta Orang Yang Pantas Diberi Santunan



Maksud dari menyantuni kaum duafa ialah memberikan harta atau barang yang bermanfaat untuk duafa, kaum duafa sendiri ialah orang yang lemah dari bahasa Arab (duafa) atau orang yang tidak punya apa-apa, dan mereka harus disantuni bagi kewajiban muslim untuk saling memberi, itu sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt perlu digaris bawahi, bahwa “memberi” tidak harus uang malah kita berikan makanan bisa tapi nanti ibadahnya akan mengalir terus seperti halnya infak dan kalau sudah diberi akan jadi tanggung jawab orang miskin itu, misal saja barang yang diberikan digunakan untuk beribadah kepada Allah atau hal positif lainnya akan terkena pahala yang sama, ketika Dia gunakan tadi, sebaliknya degan digunakan mencopet atau judi kita tidak akan mendapat pahala buruk dari orang miskin itu insya Allah pahalanya tidak akan berkurang setelah memberi kepada orang miskin itu gunakan.


Dan menurut para ulama menyantuni kaum duafa akan menyelamatkan diri kita dari api neraka, tapi sekarang banyak manusia yang segan megeluarkan hartanya untuk berinfak pada kaum duafa, tapi ada juga yang selalu membantu kaum dufa itu, bukan saja yang berarti duafa pada orang miskin juga bisa pada misalnya ; panti asuahan, membangun masjid, kepada diri sendiri, anak yang putus sekolah biayai pendidikannya sampai tingkat SMA , dan keluarga dekat serta orang yang sedang perjalanan, ini sama dijelaskan pada surat Al-isra’ ayat 26-27.

1 komentar:

  1. handi mengatakan:
    artikrl ini kurang gambar agar lebih jelas pemabaca memahaminya. artikel ini juga harus terdapat dalil2 dengan huruf arab agar pembaca percaya

    BalasHapus