Sabtu, 25 September 2010

Elis Ftawa Hayati IPA9

BAB 1

            Isi atau kandungan surah Al-Baqarah ayat 148 adalah suruhan Allah SWT kepada umat manusia untuk berlomba-lomba dalam memilih agam yang benar dan berlomba dalam kebaikan.
            Isi atau kandungan surah Faathir ayat 32-33 adalah penegasan Allah tentang adanya tiga kelompok umat islam  (pewaris Al-Qur’an) yaitu kelompok yang menganiaya diri mereka sendiri, kelompok yang berada di pertengahan dan kelompok yang lebih dahulu berbuat kebaikan. Kelompok yang lebih dahulu berbuat kebaikan , tentu akan memperoleh keberuntungan dan masuk langsung surga.
            Isi atau kiandungan surah Al-Mujaadilah ayat 11 adalah suruhan Allah SWT untuk memberikan kelapangan atau kemudahan dalam majelis ilmu atau majelis-majelis lainnya yang baik dan diridai Allah, suruhan mentaati perintah Allah dan menjauhi larangnnya. Dan penegasan bahwa allah akan mengangkat derajat orang-orang beriman lebih tinggi dari orang-orang yang tidak beriman. Juga Allah akan mengangkat orang-orang beriman dan berilmu pengtahuan lebih tinggi dari orang-orang yang beriman tetapi tidak berilmu pengetahuan.



BAB 2
            AL-Qur’an sur4ah Al-Isra ayat 26-27 dan Al-Baqarah ayat 177 harus dibaca dengan benar, baik dengan fasih, sesuai dengan ilmu tajwid.isi atau kandungan surah Al-Isra ayat 26-27 adalah suruhan Allah SWT agar memenuhi hak kaum kerabat, fakir miskin, dan orang-orang dalam perjalanan. Juga berisi larangan Allah untuk menghambur hamburkan hartanya secara boros karena pemboros itu kawannya setan.
            Isi atau kandungan surah Al-Baqarah 177, adalah bahwa kebajikan itu tidak terletak pada menghadapkan wajah ke arah timur dan barat. Akan tetapi, kebajikan itu ialah memiliki iman yang benar yakni senantiasa bertakwa yaitu melaksanakan segala perintah Allah dan meninggalkna segala larangannya. Orang ysng bertakwa tentu akan selalu menjalin hubungan baik dengan Allah, denagn sesama manusia dan diri sendirinya.

1 komentar:

  1. Artikelnya terlalu singkat, jadi gak begitu jelas. Masih ada beberapa kata yang salah pengetikan. Misalnya : Agam (Agama), sur4ah (surah), meninggalkna (meninggalkan), denagn (dengan). Memang masih bisa dimengerti artinya, tapi alangkah lebih baiknya kalau sebelum dipost, diperiksa lagi ejaannya. Makasih ^^
    (Fajry Nur Islami- XI A 5)

    BalasHapus